Minggu, 11 November 2012

Berapakah Santri Aliyah yang Membawa HP??

0 komentar

Pondok Pesantren Sumatera Thawalib menerapkan larangan penggunaan HP bagi seluruh santri. Peraturan diberlakukan, baik dari segi pelarangan maupun pemberian sanksi bagi pelanggar.

Akan tetapi, sejauh ini, tersita sejumlah HP dari tangan santri, baik di sekolah maupun di asrama. Hal ini mengindikasikan bahwa meskipun ada aturan, santri tetap membawa HP ke sekolah. Pada sisi lain, berdasarkan data, mayoritas HP yang tertangkap di sekolah berasal dari santri Aliyah. Berdasarkan hal inilah, redaksi AlBayan mendapatkan ide untuk melihat bagaimana sebenarnya fakta mengenai HP di lapangan, khususnya Aliyah. Pertanyaan yang kami cari adalah, berapakah santri Ponpes Sumatera Thawalib Parabek yang masih membawa HP ke sekolah.
 

Pertanyaan tersebut kami jawab dengan menggunakan survey kauntitatif. Kami berusaha mencari data-data kalkulatif, sejauh mana santri Ponpes Sumatera Thawalib membawa HP ke sekolah. Titik tolak dari survey ini adalah ‘rahasia umum’, bahwa setiap santri mesti tahu siapa saja teman-teman mereka yang membawa HP. Oleh sebab itu, asumsi dasar inilah yang kami gunakan sebagai media mengumpulkan informasi. Setelah dijalani, ternyata hasilnya cukup mencengangkan.
Jika ditotal secara keseluruhan, total santri Aliyah yang membawa HP ke sekolah kira-kira 31%. Jika dilihat berdasarkan kelas, santri yang paling banyak membawa HP adalah santri kelas VI. Total dari ketiga kelas lebih kurang 46% santri kelas VI membawa HP ke sekolah. Dengan jarak yang cukup jauh, santri kelas IV diketahui 25% membawa HP, sementara santri kelas V tercatat hanya 22,5% saja.
Jika dipecah dalam klasifikasi yang lebih kecil, berdasarkan pembagian lokal, hasilnya lumayan variatif. Rekor dicatat oleh santri kelas VI IPS dengan angka 60% santri membawa HP. Di bawahnya, disusul oleh santri kelas VI IPA dengan angka 47%. Selanjutnya diikuti oleh santri kelas IV IPS dan kelas 5 IPS yang masing-masing berada di angka 40%. Selanjutnya, kelas IV Agama dan V Agama II berada di angka 20%, IV IPA di angka 17%, dan terakhir kelas V IPA, V Agama I, dan 6 Agama dengan persentase terendah pada angka 15%.
Satu kecenderungan unik lainnya, bahwa setiap kelas dengan jurusan IPS cenderung memiliki persentase yang lebih besar dari yang lainnya. Kelas IV dan V IPS berada di angka 40%, sementara VI IPS di angka 60%. Sementara untuk jurusan IPA dan Agama cenderung variatif, tidak memperlihatkan kecenderungan seperti yang diperlihatkan oleh jursan IPS.[Redaksi]

Leave a Reply

 
aLBayan © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here