Minggu, 11 November 2012

HP di Sekolah Lain

0 komentar

Santri Ponpes Sumatera Thawalib dilarang membawa HP. Pihak sekolah juga cenderung ketat dan disiplin untuk masalah ini. Banyak santri atau juga orang tua yang mengeluhkan. Akan tetapi, peraturan ini sudah final dan setiap santri dan orang tua sudah diperingati semenjak awal. Di Asrama, umpamanya, santri dan orang tua menandatangani perjanjian mengikuti aturan, termasuk untuk tidak membawa HP ke sekolah/asrama.
Bagaimana dengan sekolah lain? Apakah HP juga dilarang? Di beberapa sekolah negeri HP pada umumnya diperbolehkan. Akan tetapi, dalam KBM HP tetap saja dilarang, karena dapat mengganggu proses belajar mengajar. HP yang tertangkap akan diperiksa isinya, melihat pelanggaran apa saja yang dilakukan siswa. Selain itu, beberapa sekolah juga menerapkan peraturan pelarangan penggunaan HP.  Akan tetapi, mereka cenderung tidak ketat dengan peraturan ini.
Berbanding terbalik dengan Ponpes Sumatera Thawalib Parabek, di sini HP benar-benar dilarang. Ada seperangkat peraturan yang ketat seputar HP, mulai dari larangan, sanksi, hingga hal-hal lain yang menjadi implikasi dari HP ini.
Perbedaan kontras tentu saja akan terlihat jika Ponpes Sumatera Thawalib dibandingkan dengan sekolah umum lainnya. Bagaimana jika Ponpes Sumatera Thawalib dibandingkan dengan Ponpes lainnya?
Ponpes Sunan Pandanaran, di Yogyakarta juga menerapkan larangan menggunakan HP. Tidak ada santri yang membawa HP. Jika ada orang tua yang ingin menghubungi anaknya, maka ia akan menelfon ke telfon sekolah atau telfon Asrama. Selain itu, Ponpes ternama lainnya, Ponpes Ali Maksum di Krapyak juga menerapkan hal yang sama. Akan tetapi, sebagian santri diperbolehkan membawa HP. Akan tetapi, catatannya hanya santri yang mahasiswa lah yang diperbolehkan membawa HP. Sementara santri yang masih di tingkat SMP sederajat atau SMA sederajat tetap tidak diperbolehkan. Begitu juga dengan Ponpes Darul Ulum di Jombang, Jawa Timur, Al-Hikmah di Brebes, Jawa Tengah, Nurul Huda di Parung, Bogor, dan sebagainya. Peraturan pelarangan HP di pondok pesantren ternyata adalah hal yang sangat lumrah.[RZQ]

Leave a Reply

 
aLBayan © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here