Minggu, 11 November 2012

Daging Qurban Didistribusi pada Masyarakat

0 komentar

Pada bulan Qurban kali ini, MST Parabek kembali mengadakan qurban. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang hanya qurban kambing, kali ini MST Parabek melaksanakan qurban sapi. Dari dua ekor sapi yang disembelih, satu ekor dikonsumsi oleh santri MST Parabek sendiri, sementara satu ekor lainnya didistribusikan ke masyarakat.
Setelah kedua ekor sapi disembelih dan diproses selama beberapa jam, daging sapi tersebut telah siap untuk didistribusi. Satu ekor yang akan dikonsumsi langsung dibawa ke dapur umum untuk dimasak, sementara satu ekor lainnya diserahkan kepada beberapa santri aliyah untuk dipotong-potong. Setelah makan siang bersama, beberapa orang guru bersama perwakilan IPST bertolak ke Malalak untuk mendistribusikan daging qurban tersebut.
Pemilihan sasaran distribusi ke Malalak bukan tanpa alasan. Pertimbangan utama mencari sasaran distribusi adalah apabila tempat tersebut tidak mendapatkan distribusi qurban yang layak. Seperti tahun lalu, daging qurban didistribusikan ke wilayah desa tempat Ustz. Hendrianti tinggal. Pada tahun ini, sebenarnya ada beberapa wilayah yang menjadi calon sasaran distribusi, seperti di Malalak, di Sungai Buluah Palembayan, hingga di wilayah Alahan Panjang.  Jika berpikir idealis, sebenarnya ada wilayah yang lebih layak untuk mendapatkan daging qurban, seperti di Pasaman Barat atau di wilayah Natal Mandailiang. Akan tetapi, karena pertimbangan efektifitas dan kesanggupan Ponpes untuk mengantar daging, maka dipilihlah Jorong Malanca di Malalak sebagai sasarannya, tepatnya di Masjid/TPA Nurul Huda.
Lebih kurang ada 160-an kantong daging yang didistribusikan. Yang berangkat ke lokasi adalah Ust. Taufik Hidayat, Ust. Abizar, Ust. Nurzen, Ust. Fadhli, serta satu perwakilah IPST yaitu Arif Rahman Hakim. Sekitar pukul 13.30 mereka berangkat dengan mobil Ambulan Ponpes, dan sampai kembali di Ponpes ketika azan Ashar.  “Kami hanya menyerahkan kepada pengurus masjid, lalu penguruslah yang bertanggungjawab menyampaikannya kepada warga.” ungkap Ust. Fadhli yang kami temui di Kantor Asrama. [HFZ]

Leave a Reply

 
aLBayan © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here