Jumat, 23 November 2012

Introspeksi Tahun Baru Hijriah bagi Belajar Santri

0 komentar

Oleh: Firdaus Rifa’I al-Quraysyi
Pembimbing Haji/ Alumni MST Parabek 1980

Saya adalah alumni sekolah Sumatera Thawalib Parabek ini. Meskipun saya melanjutkan kuliah setamat dari Parabek, saya selalu katakana bahwa saya adalah lulusan Parabek, bukan kampus tempat saya kuliah. Mengapa? Karena kesan yang paling mendalam saya dapatkan dari sekolah ini.
Dulu, saya sekolah tidak seberuntung Kalian sekolah sekarang. Saya tinggal di Birugo, dan setiap hari ke sekolah jalan kaki, melewati sawah. Tentu saja banyak yang dihadang, baik hujan maupun panas. Tidak seperti kalian, semua itu saya jalani tanpa uang jajan.

Akan tetapi, saya tetap semangat untuk kuliau dengan dorongan dari orang tua. Orang tua saya adalah orang yang juga tidak beruntung. Kami hidup dalam kemiskinan. Akan tetapi, saya beruntung memiliki orang tua yang memiliki keyakinan besar pada pendidikan.
Suatu saat, Ibu saya pernah dicaci oleh masyarakat. “Makan se payah, ko basakolaan pulo anak!” Lebih kurang begitulah yang disampaikan. Ibu saya hanya menangis mendengarkannya. Akan tetepi semua itu tidak mengurangi semangatnya untuk menyekolahkan kami. Sebagai catatan, kami ada 11 orang bersaudara.
Akan tetapi, dengan kuasa Allah, 12 tahun setelah cacian tersebut didengar oleh orang tua, kami anak-anak berkumpul mengadakan syukuran di rumah. Kakak saya telah menjabat sebagai Kepala Pengadilan, Adik-adik saya menjadi Kepala Bank, Dokter Spesialis, dan seorang Staf di sebuah kantor di Pekan Baru, dan sebagainya. Singkatnya, semuanya manjadi ‘urang’.
Tidak disangka, orang yang dulu menghina Ibu saya juga hadir di acara syukuran tersebut. Ia bertanya kepada Ibu, “Joa anak basakolakan, Ni? Kok jadi urang sadonyo?” Ibu saya hanya menjawab, “Jo aia mato se ny.”
Satu hal yang harus Kalian catat adalah dengan segala kekurangan yang Saya alami waktu itu, saya bersama saudara-saudara berhasil menjalani hidup dengan kesuksesan. Sekarang, yang harus Kalian pelajari adalah, bagaimana supaya kalian belajar di sini tidak sia-sia?
Ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan. Pertama, ilmu tidak akan didapat tanpa adanya keikhlasan di dalam hati, dan kedua, jangan pernah khianati orang tua.
Tanpa keikhlasan kalian tidak akan berhasil menuntut ilmu. Menuntut ilmu banyak tantangannya. Hanya orang yang ikhlaslah yang bisa melewati segala tantangan tersebut. Selain itu, jika orang tua kalian membelikan kalian HP, untuk apakah itu? Itu adalah untuk menunjang pembelajaran kalian. Akan tetapi, jika kalian menyelewengkannya, menjadikan HP sebagai pengganggu belajar, maka kalian telah mengkhianati orang tua. Tidak akan mungkin kalian mendapatkan ilmu dalam kondisi seperti itu. Ini hanyalah contoh sederhana dari kedua poin di atas.[]

Leave a Reply

 
aLBayan © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here