Selasa, 27 November 2012

Pemilu IPST: 202 Suara Hilang, 81 Tidak Sah

0 komentar

Pada tanggal 11 november 2012 pemilihan ketua IPST 2012/2013 berlangsung secara demokratis. Para calon ketua IPST dipilih langsung oleh Pondok, Pimpinan Madrasah, Guru, karyawan, dan tentu saja santri. Dari semua itu, terdapat total 892 pemilih yang terlibat dengan hasil Hamzah Habibi merupakan peraih suara terbanyak dengan 247 suara.
Akan tetapi, disayangkan sekali masih banyak keluarga besar Madrasah Sumatera Thawalib Parabek yang tidak mengikuti pemilu ini. Jika dibandingkan dengan jumlah total santri dan guru serta karyawan, angka 892 pemilih menunjukkan bahwa banyak sekali keluarga besar Sumatera Thawalib Parabek yang tidak ikut memilih. Data di Tata Usaha memperlihatkan bahwa jumlah santri adalah 982 santri, dengan rincian Tsanawiyah705 santri dan Aliyah 277 santri. Sementara itu, guru dan karyawan di seluruh lini berjumlah 112 orang. Jika ditotal, artinya ada 1094 suara yang seharusnya terlibat di pemilihan IPST. Data ini menyimpulkan bahwa 202 peserta tidak berpartisipasi dalam pemilu.
Selain itu, masih ada kekurangan lainnya dalam pemilu tersebut. Dari 892 suara, 81 suara adalah suara tidak sah atau abstain. Jika ditotal, maka ada sekitar 200 suara yang terbuang percuma selama pemilihan tersebut.
Hal ini membuktikan bahwa masih banyak kalangan di keluarga besar Sumatera Thawalib Parabek yang bersikap apatis atau acuh tidak acuh terhadap IPST. Mereka merasa tidak berkepentingan atau belum merasakan manfaat apapun dari IPST, sehingga mereka melepaskan hak pilih mereka begitu saja. Satu hal yang memprihatinkan lagi, bahkan ada surat suara yang ditulisi dengan kata-kata yang tidak baik. Hal ini semakin memperlihatkan tantangan IPST ke depan, supaya mereka bisa memperjuangkan IPST agar mereka merasakan kehadiran IPST di sekolah ini. Apabila ketua IPST tahun ini, Hamzah Habibi berserta jajarannya berhasil menjalani masa jabatannya dengan baik, tentu saja pandangan masyarakat Sumatera Thawalib akan lebih baik terhadap IPST dan pemilih tahun berikutnya tidak akan menyia-nyiakan hak suara mereka.[WRDU]

Leave a Reply

 
aLBayan © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here