Selasa, 27 November 2012

IPST 2012-2013

0 komentar

Ikatan Pelajar Sumatera Thawalib (IPST) 2012-2013 telah terbentuk. Mereka telah dilantik pada hari Selasa, 20 November 2012. Dihadapi seluruh santri dan majelis guru Ponpes Sumatera Thawalib, Hamzah Habibi dan kawan-kawan menyatakan sumpat setia untuk menjalani amanah sebagai pengurus IPST tahun ini.

Jika diperhatikan, ada beberapa hal yang berbeda dalam IPST tahun ini. Pertama¸IPST tahun ini memiliki Pembina IPST. Tahun-tahun sebelumnya, IPST secara langsung berada di bawah kontrol Waka Kesiswaan. Menurut Ust. Taufik Hidayat, siswa jika harus langsung berhadapan dengan Waka tentu saja akan merasakan grogi dan sebagainya. Dalam kasus IPST, tentu saja ini bukanlah hal yang baik. Oleh sebab itu, sebagai jembatan antara IPST dan Waka Kesiswaan dibentuklah Pembina IPST. Pada tahun ini, yang menjadi Pembina IPST adalah Ustz. Alfi Husni dan Ustz. Silvia Yenita.
Kedua, dari segi struktur, IPST saat ini juga memiliki perbedaan dari yang sebelumnya. Berangkat dari wacana kecemburuan yang muncul beberapa waktu belakangan, IPST saat ini dibentuk dalam dua poros, IPST Aliyah dan IPST Tsanawiyah. Akan tetapi, ketua Umum tetap berada pada satu tampuk. Dalam hal ini, Hamzah Habibi lah orang yang dimaksud. Di bawah Hamzah Habibi, ada wakil ketua IPST untuk tingkat Tsanawiyah dan wakil ketua tingkat Aliyah.
Oleh sebab itu, dari segi kuantitas, keterlibatan siswa Tsanawiyah di IPST tentu saja meningkat. Jika tahun kemarin hanya ada dua santri saja, tahun ini ada lebih kurang 22 santri. Tidak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, siswa Tsanawiyah cenderung terpinggirkan. Tidak ingin hal itu terjadi lagi, dan mempertimbangkan di SMP OSIS juga berkembang dengan baik, maka penyusunan struktur semacam ini dapat menjadi solusi yang baik.
Ketiga,  Setelah berjalannya program IPST kini Madrasah Sumatera Thawalib Parabek memutuskan untuk membuat program baru dalam perorganisasian di Madrasah Sumatera Thawalib Parabek. Program yang di  maksud adalah Majelis Perwakilan Kelas atau lebih di kenal dengan MPK.
MPK itu sendiri bertujuan untuk mengawal jalannya kinerja IPST. Majelis Perwakilan Kelas ini juga di susun dari beberapa komisi. “MPK memiliki komisi-komisi, dan tiap komisi berhak memegang satu bidang tertentu sesuai dengan ketentuan yang ada” tutur ustdzh. Alfi Husni saat di wawancarai. Menurut perkiraan anggota MPK tidak terlalu banyak, “anggota MPK ini tidak terlalu banyak, di perkirakan dalam satu komisi terdiri dari 4 orang” tutur ustd. Taufik Hidayat ketika di wawancarai di kantornya.
MPK juga sama dengan organisasi lain pada umumnya. Sama-sama memiliki perangkat dalam organisasi seperti ketua, wakil, sekretaris dan juga bendara. Pemilihan ketua MPK tersebut di pilih melalui musyawarah antara ketua IPST dan bidang kesiswaan. Setelah di tentukan beberapa calon ketua MPK tersebut, baru diadakan wawancara untuk menentukan calon ketua MPK menjadi ketua MPK. Semua ini di jalankan di bawah komando bidang Kesiswaan. Sedangkan anggota MPK terdiri dari perwakilan kelas yang sudah di pilih di masing-masing kelas.
MPK memiliki program-program yang telah di rancang dengan rapi seperti mensosialisasikan keberadaan MPK dan apa-apa saja yang ada dalam ruang lingkup MPK. MPK nantinya juga akan membuat acara yang di kelola oleh MPK seperti seminar, perlombaan tertentu dan acara-acara lainnya sesuai kebijakkan ketua MPK.
Jadi, dengan adanya MPK di Madrasah Sumatera Thawalib Parabek maka perorganisasiannya semakin terancang dan berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan.[WWD_MLL]

Leave a Reply

 
aLBayan © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here